• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Empiris Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Industri Jasa Konstruksi di Kota Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (201.6Kb)
    Date
    2013-03-23
    Author
    Praptomo, Agung Nugroho
    Riyardi, Agung
    Syamsudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia bisnis jasa konstruksi saat ini ditandai dengan meningkatnya kompetsisi dari jumlah perusahaan yang meningkat cepat. Manajemen harus berhati-hati kondisi ini dan mempersiapkan semua aspek yang terkait dalam rangka untuk meningkatkan kinerja perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diferensiasi dan inovasi sebagai strategi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan terhadap kinerja perusahaan jasa konstruksi. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan analisis SEM. Data diambil dari wawancara dari 105 direktur perusahaan jasa konstruksi di kota Surakarta. Hal ini ditemukan bahwa diferensiasi dan inovasi memiliki pengaruh positif terhadap strategi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan.Hasil kuisioner yang ditujukan para direktur menunjukkan bahwa tingkat pendidikan terbanyak adalah S1 (37,1%), latar belakang pendidikan terbanyak dari multi disiplin ilmu (38,1%),usia bekerja yang paling banyak kurang dari 40 tahun (67,6%), lama bekerja paling banyak antara 3 sampai 4 tahun (74,3%). Data kemudian diolah menunjukkan ketiga variabel tersebut menunjukkan taraf signifikan 5% N = 105, dengan ttabel (5%) = 0,195 sehingga dapat dilihat dan diketahui bahwa deferensiasi, inovasi dan strategi keunggulan bersaing valid, sebab korelasi pearson di atas 1,195. Dari hasil analisis SEM diperoleh bahwa model ini dapat diterima. Tingkat signifikansi sebesar > 0.90 menunjukkan bahwa hipotesa nol yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara matriks kovarians sampel dan matriks kovarians populasi yang diestimasi tidak dapat ditolak. Akhirnya hasil penelitian ini disampaikan bahwa diferensiasi dan inovasi merupakan faktor yang sangat penting dalam persaingan usaha jasa konstruksi. Bahkan merupakan strategi pemasaran yang harus dilakukan setiap pemangku kepentingan agar selalu dapat berkembang dalam dunia bisnis.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3837
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV