• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Berdasarkan Konsep Kirkpatrick&Kirkpatrick: Studi Kasus Di PT. X Bandung

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (54.41Kb)
    Date
    2012-12-18
    Author
    Sitorus, Hotna Marina
    Tania, Pamela
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelatihan yang baik bukan hanya perlu dirancang dengan baik, namun juga perlu dievaluasi efektivitasnya untuk memastikan tercapainya tujuan. PT. X merupakan perusahaan konsultan SDM yang menangani pengelolaan SDM untuk para kliennya. Salah satu layanan utama PT. X adalah merancang pelatihan sesuai kebutuhan spesifik yang ditetapkan, sekaligus juga menyelenggarakan pelatihan tersebut. Saat ini PT. X lebih berfokus pada proses perancangan dan pelaksanaan pelatihan, namun belum melakukan proses evaluasi pelatihan secara memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan yang diselenggarakan oleh PT. X berdasarkan konsep Kirkpatrick & Kirkpatrick. Konsep Kirkpatrick & Kirkpatrick merupakan konsep evaluasi pelaksanaan pelatihan yang dilakukan secara sistematis. Evaluasi dilakukan terhadap 4 level yaitu level reaksi, level belajar, level perilaku dan level hasil. Evaluasi level reaksi dilakukan dengan mengukur reaksi peserta pelatihan terhadap pelatihan yang dilaksanakan. Evaluasi level belajar mengukur kemampuan peserta pelatihan memahami materi yang diberikan. Evaluasi level perilaku mengukur perubahan perilaku yang terjadi pada peserta pelatihan, sementara level hasil mengukur pencapaian hasil. Penerapan konsep evaluasi Kirkpatrick & Kirkpatrick di PT. X dilakukan pada sebuah pelatihan yang diberikan pada para pramuniaga di retailer resmi sebuah perusahaan garmen di kota Bandung, dan dilakukan pada level reaksi, belajar dan perilaku. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, level reaksi pelatihan tersebut berada pada nilai 5,5 dari skala 8. Pada level belajar, kemampuan para pramuniaga meningkat dari 2,12 menjadi 3,49 (dari skala 4). Berdasarkan evaluasi level perilaku, 73,3% peserta dapat mencapai perubahan perilaku yang ditargetkan. Usulan yang dapat diberikan antara lain adalah meningkatkan kemampuan presentasi trainer, menggunakan teknik presentasi yang mampu menarik perhatian peserta, meningkatkan kemampuan komunikasi trainer, serta lebih banyak memasukkan unsur pelatihan yang menekankan pada pembentukan perilaku, misalnya role playing, simulasi atau behavior modelling
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3910
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV