• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Tingkat Ergonomi Kursi dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    I07_TI.pdf (124.0Kb)
    Date
    2012-12-18
    Author
    Suryani, Yuli
    Yamtana
    Purwanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sikap duduk siswa meliputi sikap duduk ergonomi dan tidak ergonomi. Sikap duduk yang tidak ergonomi dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman, mengantuk dan kelelahan secara keseluruhan akibatnya akan mengarah pada gangguan dalam proses belajar dan menurunnya konsentrasi siswa. Hal ini disebabkan karena kursi yang digunakan siswa tidak sesuai dengan ukuran anthropometri. Bardasarkan survei pendahuluan dengan pengisian kuesioner, diperoleh hasil bahwa seluruh siswa mengalami keluhan-keluhan pada saat proses belajar. Hasil pengukuran kursi, diketahui ukuran- ukuran kursi yang digunakan siswa saat belajar yaitu, tinggi tempat duduk 43-44 cm, panjang alas duduk 33,8-42,5 cm, dan lebar tempat duduk 39,5-44,8 cm. Rumusan penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara tingkat ergonomi kursi dengan tingkat konsentrasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lendah Kulon Progo ? Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara tingkat ergonomi kursi dengan tingkat konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Lendah Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah survei, dengan pendekatan Cross Sectional Study. Obyek penelitiannya adalah siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo. Data penelitian diuji dengan Chi Square dengan taraf signifikan 0,05. Sebanyak 81 siswa (50 %) duduk pada kursi yang memenuhi syarat ergonomi, dan 81 siswa (50 %) menggunakan kursi yang tidak ergonomi. Sebanyak 84 siswa (51,85 %) mempunyai konsentrasi baik, dan 78 siswa (48,15 %) mempunyai konsentrasi buruk. Berdasarkan uji Chi Square diperoleh p=0,000 <0,05 yang berarti ada hubungan yang bermakna antara tingkat ergonomi kursi dengan tingkat konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Lendah Kulon Progo. Kesimpulan penelitian ini yaitu siswa yang mempunyai konsentrasi baik sebanyak 84 siswa atau 51,85%, dan siswa yang mempunyai konsentrasi buruk sebanyak 78 siswa atau 48,15%. Ada hubungan yang bermakna antara tingkat ergonomi kursi dengan tingkat konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3920
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-11 RAPI 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV