• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak SD

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (218.3Kb)
    Date
    2013-06-01
    Author
    Pambudi, Dholina Inang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut Hurlock, masa usia sekolah dasar atau masa akhir anak-anak (6-13 tahun) merupakan masa yang menyulitkan yaitu suatu masa di mana anak-anak tidak mau lagi menuruti perintah dan dimana anak lebih banyak dipengaruhi oleh teman sebayanya dari pada orangtua atau keluarganya. Sedangkan saat di sekolah, mereka termasuk dalam periode krisis di mana mereka harus diberikan dorongan untuk berprestasi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah ditegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Anak merupakan tumpuan masa depan, generasi penerus bangsa. Anak memiliki hak untuk kelangsungan hidup; hak perlindungan dari pengabaian, penelantaran, perlakuan salah, penganiayaan, eksploitasi; hak mendapatkan kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang optimal jasmani, rohani dan sosial; hak untuk berpartisipasi dan berkembang demi mencapai masa depan yang lebih baik. Peran orangtua sangat penting dalam pemenuhan hak sekaligus penanaman karakter pada anak selain pendidikan yang didapatkan dari sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa optimalisasi peran orangtua dalam asah, asih, asuh anak sangat berkontribusi besar pada pembentukan karakter anak. Orangtua adalah lingkungan terdekat anak yang memiliki kesempatan dan peranan yang sangat besar dalam pembentukan karakter anak. Apabila peran orangtua kurang maksimal, maka pembentukan karakter anak tidak akan dapat berjalan dengan baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3975
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV