• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Parenting For Virtual Generation

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (269.2Kb)
    Date
    2013-06-01
    Author
    Puspitarani, Putri
    Pariman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern dan memainkan peran yang semakin penting dalam membentuk perilaku dan aktivitas manusia. Akses mudah teknologi canggih dengan kombinasi komunikasi global mampu melampaui batas-batas geografis dan waktu. Lahirlah generasi virtual, masyarakat yang sebagian besar waktunya bersinggungan dengan media digital berupa internet yang menyediakan berbagai fasilitas. Game adalah salah satu fasilitas yang bisa diakses dan menjadi bagian dari kehidupan. Muncul anak-anak muda yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan game. Secara universal, game mengantarkan realitas yang memiliki aturan berbeda dengan dunia yang dimiliki oleh orangtua mereka. Para gamer lebih banyak berinteraksi dengan teknologi media interaktif tersebut selama masa perkembangannya. Konsekuensinya, tingkat perkembangan anak dan cara mendidik anak oleh orangtua juga ikut dipengaruhi. Ada perbedaan antara anak muda generasi virtual dengan para orangtua mereka yang tumbuh dan berkembang pada zaman tradisional. Berbeda pula kebiasaan yang dilakukan anak-anak dalam menghabiskan waktu luang. Orangtua dengan frame tradisional melihat game sebagai ancaman atau kegiatan yang membuang waktu. Orangtua mencemaskan sosialisasi, kekerasan, seksisme, dan kebodohan yang mungkin dialami anakanak akibat bermain game. Di sisi lain, anak-anak yang bermain game merasa belajar banyak hal dari bermain game, mereka memiliki pemahaman akan perbedaan antara dunia virtual dalam game dengan dunia nyata. Artikel ini, menggunakan metode observasi dan tinjauan pustaka untuk menggali cara pengasuhan orangtua terhadap anak-anak generasi virtual. Orangtua yang bersedia melihat lebih jauh dunia yang dialami anak-anak dapat memahami dan memperlakukan generasi virtual dengan lebih bijaksana.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3990
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV