• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) I 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) I 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Sistem Penilaian Otomatis Terhadap Jawaban Soal Pendek dan Terbuka dalam Evaluasi Belajar Online Berbahasa Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (303.7Kb)
    Date
    2013-11-23
    Author
    Thamrin, Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan sistem e-learning unggul dalam fleksibilitas jadwal dan fleksibilitas laju belajar. Keunggulan sistem dapat ditingkatkan jika terdapat fasilitas evaluasi belajar yang dapat melakukan penilaian otomatis. Pada dasarnya sistem penilaian otomatis tersedia dalam sistem e-learning namun hanya untuk jawaban tertutup. Penilaian otomatis untuk soal terbuka belum tersedia padahal soal terbuka mempunyai keunggulan dalam memotivasi kreatifitas siswa. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi terhadap sistem e-learning agar soal jawaban pendek dapat dinilai secara otomatis dengan penilaian yang tidak kaku, artinya jika siswa menjawab soal dengan jawaban yang tidak sama namun mempunyai kemiripan dengan kunci jawaban, siswa masih mendapatkan nilai. Soal evaluasi menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar. Nilai siswa ditentukan dari kesamaan atau kemiripan antara jawaban siswa dan kunci jawaban. Jika jawaban yang diketik siswa tidak ada dalam kamus, kemiripan jawaban dihitung dengan algoritma Levenshtein sedangkan jika jawaban terdapat dalam kamus, kemiripan jawaban dihitung dari sinonimitas kata bahasa Indonesia. Kecenderungan guru dalam menilai jawaban siswa menjadi acuan perhitungan nilai jawaban. Survei dilakukan kepada para guru untuk mengetahui nilai yang diberikan atas jawaban berbagai soal dengan berbagai nilai similaritas. Survei menunjukkan adanya dua pola pemberian nilai oleh guru. Guru cenderung lebih toleran terhadap kesalahan tipografi yang tidak menghasilkan kata baru. Guru cenderung mengurangi nilai siswa jika jawaban siswa tidak tepat sama, meskipun siswa memberikan jawaban yang bermakna sama (sinonim) dengan kunci jawaban. Algoritma yang diusulkan akan dapat memprediksi cara penilaian guru dalam menilai jawaban soal pendek dan terbuka.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4076
    Collections
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) I 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV