• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Geografi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Seminar Nasional Geografi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penanaman Kemampuan Berpikir Geografis melalui Pendidikan

    Thumbnail
    View/Open
    44.pdf (2.341Mb)
    Date
    2013
    Author
    Ruhimat, Mamat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ABSTRAK Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfera dengan sudut pandang keruangan. Berpikir geografis merupakan kemampuan untuk mempelajari, merenungkan, membuat simpulan serta menerapkan gagasan dengan sudut pandang keruangan. Berpikir geografis merupakan upaya mengembangkan prespektif keruangan, apresiasi dan kebiasaan menganalisis serta menginterpretasi berbagai bentuk data geografi. Pendidikan geografi sejatinya dapat memperkenalkan suatu objek, lokasi objek itu berada, alasan dominan keberadaan objek di suatu lokasi, serta memvisualisasikan keterkaitan keberadaan objek di dalam suatu ruang tertentu. Fungsi pendidikan geografi diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan pola-pola keruangan serta proses yang berkaitan, keterampilan dasar memperoleh dan mengkomunikasikan informasi spasial, serta menumbuhkan sikap dan kepeduli an terhadap lingkungan hidup. Pengungkapan kemampuan berpikir geografis di kalangan siswa melalui proses pendidikan dan pembelajaran dapat disesuaikan dengan perkembangan mental psikologis siswa. Pendidikan geografi itu sendiri pada dasarnya merupakan apli kasi geografi untuk bidang pendidikan yang disederhanakan melalui kemasan pedagogis dan psikologis untuk mencapai tujuan pendidikan. Kemampuan berpikir geografis dapat digali melalui beberapa indikator, yaitu mengungkap pertanyaan geografis, memperoleh informasi geografis, menganalisis informasi, dan membuat keputusan berdasarkan pengetahuan geografis. Penanaman kemampuan berpikir geografis sangatlah penting, dan disitulah peran pendidikan geografi yang sesungguhnya. Aktor yang paling memiliki andil besar dan strategis adalah guru geografi. Guru geografi diharapkan tidak menjadi budak kurikulum, melainkan berkreasi menjadi aktor pengembang kurikulum. Keterbatasan alokasi waktu, numpuknya materi, kekurangan sarana dan prasarana pembelajaran geografi sejatinya dapat menjadi pemicu bagi guru geografi untuk menunjukkan kepeloporan profesinya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4239
    Collections
    • Seminar Nasional Geografi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV