• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
    • Volume 16 No. 2, Desember 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
    • Volume 16 No. 2, Desember 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Hubungan Karyawan (Employee Relation) terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Menara Kartika Buana di Karanganyar

    Thumbnail
    View/Open
    4.pdf (556.2Kb)
    Date
    2012-12
    Author
    Ahmad, Nur
    Hermawan, Didik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh hubungan pekerja (employee relation) yang terdiri dari komunikasi karyawan, bimbingan dan disiplin berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Menara Kartika Buana di Karanganyar dan mengetahui diantara komponen hubungan pekerja (employee relation) yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Menara Kartika Buana di Karanganyar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya kajian mengenai fenomena hubungan karyawan (employe relation) dan diharapkan dapat diigunakan sebagai sumber informasi dan bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam meningkatkan kepuasan karyawan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Sedangkan sampel penelitian adalah 100 karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar dengan sampling aksidental sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi diperoleh nilai thitung sebesar 2,845 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Bimbingan diperoleh nilai thitung sebesar 2,936 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Disiplin diperoleh nilai thitung sebesar 5,234 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung 36,488 > 2,68 sehingga komunikasi, bimbingan dan insetif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,533; berarti bahwa komunikasi, bimbingan, disiplin dapat menjelaskan tentang penyebab naik dan turunnya kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar sebesar 53,3%, sedangkan sisanya sebesar 46,7% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa disiplin merupakan variabel yang mempunyai nilai koefisien Beta lebih besar jika dibandingkan dengan kinerja, yaitu sebesar 0,415. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar dibandingkan dengan bimbingan dan komunikasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4473
    Collections
    • Volume 16 No. 2, Desember 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV