• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulisis Imiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    9.pdf (63.71Kb)
    Date
    2012-08-02
    Author
    Etika Rahmawati, Laili
    Thalia, Najma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) menerapkan metode kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dan (2) meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa melalui metode kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian berangkat dari permasalahan riil yang dihadapi oleh pengajar dalam proses belajar-mengajar kemudian direfleksikan alternatif pemecahan masalahnya dan ditindaklanjuti dengan tindakantindakan nyata yang terencana dan terukur. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan S1 Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan UMS semester 1 tahun ajaran 2012/ 2013 yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia. Setelah tindakan demi tindakan dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian yang ada, dapat dikemukakan hasilnya bahwa dengan diterapkannya metode kolaborasi kemampuan menulis ilmiah mahasiswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif mereka ketika mengikuti perkuliahan menulis ilmiah dan timbulnya kesadaran bahwa menulis adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis ilmiah diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 74, 43 dengan nilai tertinggi 97 dan nilai terrendah 47. Rata-rata kelas nilai menulis ilmiah mahasiswa sebelum diberi tindakan adalah 53, 82 dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 25. Nilai rata-rata kelas sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan kenaikan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa setelah diberi tindakan dengan metode kolaborasi meningkat.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4833
    Collections
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV