• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai-Nilai Ajaran Moral yang Terkandung dalam Teks Serat Dongeng Cekruk Truna (Suatu Tinjauan Filologis)

    Thumbnail
    View/Open
    6.pdf (78.72Kb)
    Date
    2012-08-02
    Author
    Salamah, Rohmatullaili
    Widodo, Sisyono Eko
    Supardjo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai–nilai ajaran moral yang terkandung dalam Serat Dongeng Cekruk Truna. Sumber data dalam penelitian Serat Dongeng Cekruk Truna adalah katalog–katalog yang memuat informasi tentang keberadaan naskah Serat Dongeng Cekruk Truna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan fotografis dan transliterasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah teknik analisis filologi mengacu pada cara kerja filologi. Serat Dongeng Cekruk Truna merupakan naskah jamak, maka cara kerjanya pun menyesuaikan dengan cara kerja naskah jamak. Metode penyuntingan teks dalam penelitian ini melalui tahapan – tahapan (1) deskripsi naskah, (2) perbandingan naskah, (3) penentuan naskah dasar, serta (4) suntingan teks dan aparat kritik. Analisis deskriptif digunakan untuk menjabarkan permasalahan yang terkandung dalam Serat Dongeng Cekruk Truna dengan analisis mendalam. Hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa naskah A teks Serat Dongeng Cekruk Truna nomor 221, koleksi Yayasan Sastra Surakarta, yang dipandang paling unggul, representatif dan dapat dipertanggung jawabkan. Naskah B, PB. A 194 yang sejenis dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk naskah A. Teks Serat Dongeng Cekruk Truna mengandung ajaran moral yang diungkapkan secara simbolis. Ajaran moral tersebut antara lain: Pengalaman adalah guru terbaik, mempercayai keesaan Tuhan dan menerima kodrat Ilahi, bersedekah dan beramal baik, berhemat dan mencari rezeki yang halal, menuntut ilmu, dan menyeimbangkan ilmu. Ajaran tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemuda untuk memajukan sumber daya manusia, terutama terhadap pendidikannya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4836
    Collections
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV