• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengelolaan TK-SD Satu Atap di SD Negeri Loano Purworejo

    Thumbnail
    View/Open
    5.pdf (42.88Kb)
    Date
    2012-08-02
    Author
    Widiartini
    Sutama
    Candraningrum, Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan TK-SD satu atap di SD Negeri Loano Purworejo. Strategi penelitian menggunakan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan Analysis Interactive Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelembagaan, yaitu (a) menggunakan sistem manajemen terpadu, (b) dalam bidang kurikulum mengintegrasikan kurikulum muatan lokal sehingga siswa sudah terbiasa dengan Experiential Learning (belajar melalui pengalaman), (c) dalam bidang peran serta masyarakat ada keterpaduan karena dikelola oleh satu pengurus komite, dan (d) hubungan yang terjalin dalam kelembagaan adalah hubungan edukatif, hubungan kultural, dan hubungan institusional. (2) Salah satu upaya memperberdayakan guru guna meningkatkan pengelolaan SDM antara lain (a) mengikuti kegiatan di IGTK, (b) mengikuti kegiatan di gugus TK, (c) mengikuti diklat di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah dan IGTKI, (d) melaksanakan atau membuat PTK, (e) kegiatan KKG, dan (f) kesempatan melanjutkan studi yang lebih tinggi. (3) Pengelolaan sarana prasarana di TK-SD Satu Atap di SD Negeri Loano di antaranya (a) pengelolaan sarana prasarana merupakan tanggung jawab bersama antara Penanggung jawab TK dan Penanggung jawab SD di bawah koordinator Kepala Sekolah, (b) Alokasi dana dalam pengelolaan sarana prasarana berasal dari APBS dan dana BOS, komite, pemerintahan desa, sedangkan TK menggunakan dana hibah dari pemerintah kabupaten, provinsi dan dari wali siswa, (c) pengelola sarana prasarana memiliki tiga tugas penting, yaitu merencanakan, mengadakan, dan memelihara, dan (4) kepala sekolah berperan memberikan pengawasan yaitu pengawasan intrernal dan pengawasan eksternal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4837
    Collections
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV