• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Emitor: Jurnal Teknik Elektro
    • Volume 14 No. 2, September 2014
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Emitor: Jurnal Teknik Elektro
    • Volume 14 No. 2, September 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Sepeda Statis dan Generator Magnet Permanen sebagai Penghasil Energi Listrik Terbarukan

    Thumbnail
    View/Open
    2 Desain Sepeda Statis dan Generator Magnet Permanen sebagai Penghasil Energi Listrik Terbarukan.pdf (202.5Kb)
    Date
    2014-09
    Author
    Asy’ari, Hasyim
    Muhammad
    Budiman, Aris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan merancang generator magnet permanen untuk sepeda statis dan mengetahui besar tegangan dan arus yang dihasilkan generator magnet permanen dengan kayuhan RPM tertentu yang akan disimpan dalam akumulator. Desain generator magnet permanen untuk sepeda statis ini, penggerak mula generatornya adalah dari kayuhan sepeda. Listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam akumulator 12 Volt 10Ah yang akan digunakan sebagai sumber listrik. Generator magnet permanen ini memiliki dua bagian utama yaitu stator dan rotor. Stator tersebut terdiri dari 8 buah stator core yang terbuat dari bahan baja dengan setiap stator core terdiri dari kawat email 180 lilitan berdimeter 0,8 mm. Untuk bagian rotornya terdiri dari 8 buah magnet permanen berukuran 2 cm x 7 cm x 1 cm. Perubahan fungsi generator menjadi motor atau sebaliknya dilakukan dengan menggunakan sebuah saklar controller 12-24 Volt 60 A. Hasil pengujian pada kecepatan putar 230 RPM, 460 RPM, 690 RPM, 920 RPM,1150 RPM saat sebelum dibebani akumulator, output tegangan AC yang dihasilkan berturut-turut adalah 8,2 Volt, 10,2 Volt, 13,7 Volt, 15,7 Vol,17,4 Volt. Dan output tegangan DC yang dihasilkan adalah 8 Volt,9,3 Volt, 12 Volt, 13,6 Volt,15,8 Volt. Semakin tinggi kecepatan putar kayuhan sepeda semakin tinggi pula tegangan yang dihasilkan. Pada saat dibebani akumulator, output tegangan AC yang dihasilkan pada kecepatan putar 230 RPM, 460 RPM, 690 RPM, 920 RPM,1150 RPM berturut-turut adalah 6,9 Volt, 8,7 Volt, 11,3 Volt, 13,9 Volt,15,1 Volt, dan output tegangan DC untuk semua kecepatan putar adalah sama 12 Volt, karena merupakan tegangan dari akumaltor. Pada saat dibebani arus yang mengalir pada kecepatan putar 230 RPM, 460 RPM, 690 RPM, 920 ,1150 RPM berturut-turut adalah 40 mA, 80 mA, 130 mA 250 mA. Semakin tinggi kecepatan putar kayuhan sepeda semakin tinggi pula arus yang dihasilkan. Terjadi drop tegangan yang meningkat seiring meningginya arus yang mengalir yaitu 1,3 Volt 1,5 Volt, 2,4 Volt, 1,8 Volt,2,3 Volt. Pada saat menggunakan PWM Solar Change Controller, kecepatan putar 450 RPM, 690 RPM, 920 RPM, 1160 RPM, 1400 RPM. Pada saat belum dipasang akumulator menghasilkan output tegangan AC berturut- turut adalah 11,3 Volt, 13,1 Volt, 14,8 Volt, 16,1 Volt, 18,1 Volt, dan output tegangan DC berturut-turut adalah 10,6 Volt, 11,6 Volt, 12,5 Volt, 15,3 Volt, 16,2 Volt.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4929
    Collections
    • Volume 14 No. 2, September 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV