• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 14, Nomor 2 Agustus 2013
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 14, Nomor 2 Agustus 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemakaian Majas dalam Rubrik Gagasan pada Surat Kabar Solopos dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen

    Thumbnail
    View/Open
    2-.pdf (58.10Kb)
    Date
    2013-08
    Author
    Widianto, Joko
    Ngalim, Abdul
    Wahyudi, Agus Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada tiga tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Mengidentifikasi jenis majas yang dipakai dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. (2) Mendeskripsikan relevansi pemakaian majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Menjelaskan implementasi pemakaian majas dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa atau majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah metode padan subjenis referensial. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga simpulan: (1) pemakaian majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos terdapat beberapa jenis majas, yaitu majas repetisi, hiperbol, persamaan atau simile, metafora, personifikasi, sinekdok, ironi, sarkasme, dan sinestesia. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa dibanding dengan jenis-jenis majas yang lain, majas yang lebih banyak digunakan dalam tulisan gagasan atau opini yang diteliti adalah majas personifikasi. (2) Berkaitan dengan relevansi dan implementasinya dalam pembelajaran majas dalam Bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa hasil analisis majas dalam wacana pada rubrik gagasan surat kabar Solopos tersebut relevan dengan materi yang disampaikan kepada peserta didik sebagai pengganti bahan ajar yang sudah ada. (3) Berdasarkan hasil implementasinya dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pemakaian bahan ajar tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perbandingan nilai tes awal dengan nilai tes akhir siswa yang mengalami kenaikan. Nilai rata-rata tes awal (pretest) yaitu 62, sedang nilai rata-rata tes akhir (postest) 76.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5237
    Collections
    • Volume 14, Nomor 2 Agustus 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV