• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 14, Nomor 1, Februari 2013
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 14, Nomor 1, Februari 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    English Task to Develop The Students’ Communicative Competence: a Study of Edukatif Work Book for Junior High School Students

    Thumbnail
    View/Open
    5.pdf (364.1Kb)
    Date
    2013-02
    Author
    Wati, Dyah Rohma
    Fauziati, Endang
    Nugroho, Abdillah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh latihan yang ada dalam LKS Edukatif didesign untuk mengembangkan kemampuan komunikatif siswa. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh latihan yang ada dalam LKS Edukatif dapat mengembangkan kompetensi wacana, linguistik, aksional, sosiolinguistik, dan strategi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, utamanya analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah latihan dalam LKS Edukatif yang digunakan oleh siswa kelas delapan pada semester satu dan dua. Data dikumpulkan dengan metode ‘dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Hiberman yang mencakup reduksi data, pemaparan data, dan simpulan serta verifikasi data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di antara lima kompetensi komunakatif dan komponenkomponennya, beberapa komponen tidak dikembangkan dalam kedua LKS tersebut. Latihan dalam LKS mengembangkan semua komponen yang ada dalam kompetensi wacana kecuali salah satu kompetensi linguistik, yaitu phonology. Latihan dalam LKS mengembangkan kompetensi aksional kecuali tindak tutur. Latihan dalam LKS mengembangkan kompetensi sosiolinguistik, kecuali faktor budaya dan non verbal. Selanjutnya, latihan dalam LKS hanya mengembangkan satu komponen dari kompetensi strategi, yaitu strategi berhenti atau mencuri waktu. Simpulan penelitian ini adalah latihan dalam LKS Edukatif cukup memadai untuk mengembangkan kompetensi wacana, linguistik, dan aksional tetapi kurang memadai untuk mengembangkan kompetensi sosiolinguistik dan strategi berkomunikasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5254
    Collections
    • Volume 14, Nomor 1, Februari 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV