• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kepadatan dan Temperatur Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (Acwc) diperkuat Geogrid terhadap Lendutan Menggunakan Uji Beam Bending

    Thumbnail
    View/Open
    7.Senja Rum Harnaeni.pdf (218.1Kb)
    Date
    2014-12
    Author
    Harnaeni, Senja Rum
    Widodo, Sri
    Sunarjono, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada jalan telah mendorong para peneliti untuk mengungkap penyebab kerusakan dan mengembangkan inovasi teknologi untuk mendapatkan bahan campuran aspal yang handal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepadatan dan temperatur beton aspal ACWC yang diperkuat geogrid dalam menahan lendutan akibat beban kendaraan. Pengujian kinerja campuran AC-WC tanpa perkuatan geogrid dan dengan menggunakan perkuatan Geogrid yang diregangkan (dengan variasi regangan 2%, 4% dan 6%) dengan alat Marshall yang dimodifikasi (beam bending). Sampel untuk pengujian Beam Bending berupa beton aspal berbentuk plat ukuran 385x63x50 mm 3 . Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menguji campuran beton aspal AC-WC dengan alat Marshall yang dimodifikasi untuk mengukur lendutan maksimum. Faktor-faktor yang ditinjau dalam penelitian ini adalah faktor kepadatan beton aspal dan faktor temperatur perkerasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Campuran Asphalt Concrete Wearing Course mempunyai kadar aspal optimum 6,7 % terhadap total campuran, Semakin padat campuran ACWC dan semakin rendah temperatur ACWC kemampuannya menahan beban statis cenderung semakin baik, hal ini ditunjukkan dari lendutan yang terjadi makin kecil pada kepadatan yang lebih tinggi serta pada temperatur yang lebih rendah, Semakin tinggi temperatur campuran ACWC semakin kecil pengaruh kepadatan terhadap kemampuan ACWC dalam menahan beban statis, geogrid yang dipasang di dalam lapisan ACWC mampu memberikan tambahan ketahanan terhadap kemampuan menahan beban statis (memperkecil lendutan) serta semakin besar regangan yang diberikan kepada geogrid saat pemasangan memberikan kemampuan menahan beban statis yang semakin baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5524
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV