• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis

    Thumbnail
    View/Open
    966_974 SUMAJI.pdf (308.5Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Sumaji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang valid dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah meliputi: (1) Silabus, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (3) Buku Siswa, (4) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (5) Tes Kemampuan Penalaran Matematis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada jenis pengembangan model 4-D (Four D Model) yang telah dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi menjadi tiga tahap. Ketiga tahap tersebut antara lain: tahap pendefinisian (define),perancangan (design), pengembangan (develop,). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Pada proses pengembangan dihasilakan perangkat pembelajaran yang valid menurut ahli. Hasil validasi Silabus 3,39, RPP 3,40, buku siswa 3,58, LKS 3,68, dan tes kemampuan penalaran matematis 3,85. Sehingga nilai validasi termasuk dalam kategori valid. Di samping itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa : (1) kemampuan penalaran matematis siswa mencapai ketuntasan.Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 80,95 (2) terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran matematis antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen 80,95 lebih baik dari rata-rata nilai tes kemampuan penalaran matematis kelas kontrol 64,38.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5698
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV