• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PENILAIAN DIRI DAN TEMAN SEJAWAT UNTUK PENILAIAN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-KARTONO-(49-59).pdf (182.8Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Kartono, Kartono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indikasi keterlibatan mahasiswa secara aktif pada kegiatan pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai merebak, namun keterlibatan mahasiswa sampai pada kegiatan penilaian khususnya penilaian formatif dan sumatif belum banyak dilakukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas hasil penilaian diri dan teman sejawat untuk penilaian formatif dan sumatif pada pembelajaran mata kuliah analisis kompleks, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Matemtika FMIPA UNNES yang mengikuti perkuliahan mata kuliah Analisis Kompleks pada semester gasal tahun akademik 2010/2011, terdiri dari 2 rombongan belajar (rombel) berjumlah 44 orang. Sampel dipilih secara acak 1 rombel diantara 2 rombel yang ada, terpilih suatu rombel berjumlah 31 orang. Rombel terpilih sebagai sampel dikenai model pembelajaran koopertif, mahasiswa dilibatkan sebagai penilai pada kegiatan penilaian. Uji F pada analisis varian satu jalur dan tenik korelasi digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa teknik penilaian diri dan teman sejawat untuk penilaian formatif memberikan hasil yang efektif, tetapi tidak demikian halnya untuk penilaian sumatif. Teknik penilaian diri atau penilaian teman sejawat dapat diterapkan untuk penilaian formatif. Jika ingin menerapkan kedua teknik penilaian tersebut untuk penilaian sumatif, yakinkan bahwa rubrik penilaian dipahami dengan baik oleh penilai.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/573
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV