• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN LEARNING CELL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-RITA-(155-159).pdf (59.87Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Mukhafifah, Mukhafifah
    Khotimah, Rita P.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Surakarta II tahun 2008/2009 sebanyak tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas, yaitu 36 siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol dan 36 siswa kelas VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama pada = 5%, diperoleh : (1) Fhitung= 28,33 > Ftabel = 3,99 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Fhitung = 23,76 > Ftabel = 3,14 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Fhitung = 1,75 < Ftabel = 3,14 sehingga tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/577
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV