• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penentuan Kriteria Daya Saing Industri Kreatif dengan Analytical Hierarchy Process

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO 60 – Lukmandono, Alva Eldy Tontowi, Andi Sudiarso, Hargo Utomo.pdf (537.2Kb)
    Date
    2015-03
    Author
    Lukmandono
    Tontowi, Alva Edy
    Sudiarso, Andi
    Utomo, Hargo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Daya saing industri kreatif di Indonesia merupakan hal penting yang harus diperhatikan para pelaku industri mengingat pelaksanaan AFTA 2015 memberikan pengaruh tingkat kompetisi yang semakin tinggi. Peluang untuk menang dalam persaingan di sektor industri kreatif masih terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria daya saing industri kreatifsebagai dasar untuk melakukan perencanaan strategi pengembangan di masa yang akan datang.Metode yang digunakan adalah AHP (Analytical Hierarchy Process) sebagai salah satu metode untuk memutuskan diantara kriteria yang kompleks dalam tingkatan yang berbeda.Ada empat kriteria yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level kriteria pertama yaitu manufacturing strategy bobotnya adalah 0,47, kriteria kedua competitive strategy bobotnya 0,21, kriteria ketigakemitraan/kolaborasi bobotnya 0,15, dan kriteria keempat yaitu teknologi dengan bobot 0,17. Pada level kriteria pertama yaitu manufacturing strategy terdapatempat sub kriteria yaitu cost dengan bobot 0,39, quality dengan bobot0,31, delivery dengan bobot0,16dan 0,14 untuk flexibility. Pada level kriteria yang kedua yaitu competitive strategy terdapat tiga sub kriteria yaitu cost leadershipdengan bobot 0,18, differentiation dengan bobot 0,13, dan bobot 0,69 untuk gabungan antara cost leadership & differentiation.Pada level kriteria yang ketiga yaitu kemitraan/kolaborasi terdapat empat sub kriteria yaitu kemitraan internaldengan bobot 0,42, kemitraan dengan pemasok dengan bobot 0,25, kemitraan dengan pelanggan dengan bobot 0,09dan bobot 0,24untuk kemitraan dengan pesaing potensial. Sementara itu, level kriteria yang keempat yaitu penggunaan teknologi terdapat lima sub kriteria yaitu existing production capability dengan bobot0,45, access to new technology dengan bobot 0,26,process improvement capability dengan bobot 0,07,product improvement capabilitydengan bobot0,14dan bobot 0,08 untuk new product development capability.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5953
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV