• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    MAK-SOFYAN-(66-76).pdf (272.6Kb)
    Date
    2011-07
    Author
    Mahfudy, Sofyan
    Budiyono, Budiyono
    Sutrima, Sutrima
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah di antara pendekatan pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis AfL dan juga di antara kategori kreativitas siswa yang dapat menghasilkan prestasi belajar lebih baik, serta untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar pada penelitian ini adalah prestasi belajar matematika yang dibatasi pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua veriabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah instrumen tes dan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Barlett, dan uji keseimbangan dengan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung berbasis AfL menghasilkan prestasi belajar yang sama. (2) Prestasi belajar siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai kreativitas sedang dan rendah, dan prestasi belajar siswa dengan kreativitas sedang lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai kreativitas rendah. (3) Pada pembelajaran dengan pendekatan CTL, prestasi belajar siswa dengan kreativitas tinggi lebih baik dari siswa dengan kreativitas sedang dan rendah, dan siswa yang mempunyai kreativitas sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama. Pada pembelajaran langsung yang berbasis AfL, prestasi belajar siswa sama pada semua kategori. (4) Pada kategori tingkat kreativitas tinggi, siswa yang diberi pembelajaran CTL lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung berbasis AfL. Pada kategori tingkat kreativitas sedang dan rendah, siswa yang diberi pembelajaran CTL mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung berbasis AfL.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/596
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV