• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi

    Thumbnail
    View/Open
    333_344 WAHYU FITROH.pdf (295.0Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Fitroh, Wahyu
    Hikmawati, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi pembelajaran matematika dalam tradisi melemang masyarakat kerinci yaitu masyarakat Tiga desa ( Koto Lolo, Koto Bento, Koto Tengah) Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis bertujuan untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Metode pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, sajian data, verifikasi, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi melemang terdapat pembelajaran matematika pada materi dan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tradisi masyarakat melakukan aktivitas matematika serta Penerapan etnomatematika sebagai sarana untuk memotivasi, menstimulasi siswa, dapat mengatasi kejenuhan dan memberikan nuansa baru pada pembelajaran matematika. Penelitian ini terfokus pada satu subkajian objek saja yaitu tradisi melemang dan implementasinya dalam pembelajaran matematika pada materi tabung, diharapkan pada penelitian selanjutnya lebih dikembangkan pada jenis dan tradisi budaya masyarakat yang lainnya serta dikaji agar lebih efisien dan efektif dalam pembahasannya (mendalam dan terarah).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5969
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV