• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Integrasi Kurikulum Cambridge dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (Perpektif Pengembangan Prosedur )

    Thumbnail
    View/Open
    246_254 MOCH PURNOMO.pdf (55.30Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Purnomo, Moch.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengintegrasikan kurikulum Cambridge ke dalam kurikulum 2013 di mata pelajaran matematika kelas 7 dan 2) hasil pembelajaran dari implementasi kurikulum terintegrasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrasi kurikulum yang dilakukan adalah dengan model connected dimana setiap kompetensi di masing-masing kurikulum jika saling berisirisan maka langsung digabungknan namun, jika tidak beririsan maka berdiri sendiri-sendiri sesuai dengan kompetensi masing-masing kurikulum. Sedangkan untuk organisasi kurikulumnya guru menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP dan worksheet sesuai dengan kurikulum terintegrasi yang sudah dihasilkan sehingga pembelajaran yang dilaksanakan di kelas sudah tidak lagi parsial dalam mengimplementasikan 2 kurikulum yang berbeda. Pembelajaran tersebut juga berdampak pada hasil pembelajaran peserta didik yang lebih baik. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak mulai dari kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, guru dan peserta didik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5984
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV