• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Membangun Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Outdoor Mathematics

    Thumbnail
    View/Open
    210_223 SALEH HAJI.pdf (107.4Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Haji, Saleh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika yang dilakukan di dalam kelas kurang optimal dalam membangun pengetahuan matematika siswa Sekolah Dasar (SD. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran matematika di luar kelas. Bagaimana cara melakukan pembelajaran matematika di luar kelas (outdoors mathematics) yang dapat membangun pengetahuan matematika siswa SD? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan studi kajian pustaka yang berkaitan dengan pembelajaran outdoors mathematics dan pengetahuan matematika. Studi ini menghasilkan cara (sintaks) melakukan pembelajaran outdoors mathematics yang dapat meningkatkan pengetahuan matematika siswa. Langkah-langkah tersebut sebagai berikut: 1.Guru mempersiapkan siswa agar siap mengikuti pembelajaran, 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, 3. Guru menyampaikan topik materi yang akan dipelajari dan cara belajar yang akan dilakukan di luar kelas, 4. Guru mengajak siswa ke luar kelas menuju tempat (objek) yang terkait dengan matematika, 5. Siswa melakukan pengamatan dan memanipulasi objek tersebut atau melakukan suatu permainan, 6. Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan berbagai konsep matematika yang terdapat dalam objek yang diamati atau dalam permainan yang mereka lakukan, 7. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan berbagai konsep matematika yang terdapat dalam objek dan permainan yang telah dilakukan, 8. Guru mengajak siswa kembali ke dalam kelas, 9. Guru memperjelas dan mengulas tentang konsep-konsep matematika yang telah diperoleh siswa di luar kelas dan mengaitkan dengan tujuan pembelajaran (kompetensi) yang ingin dicapai, 10. Guru menyampaikan rangkuman terhadap pelajaran yang telah dilakukannya bersama-sama siswa, dan 11. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk memantapkan pemahaman konsep yang telah dipelajarinya dan memberikan arahan tentang materi yang akan dipelajari dan kegiatan di luar kelas pada pertemuan berikutnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5987
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV