• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis

    Thumbnail
    View/Open
    187_199 SINTA SEH DEWANTI.pdf (259.0Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Dewanti, Sintha Sih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar geometri analitik berbasis guided discovery yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan 2) Menelaah kualitas bahan ajar berbasis guided discovery dilihat dari hasil penilaian validator. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development)yang terdiri atas tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Tahap pendahuluan meliputi: melakukan analisis (analisis karakteristik mahasiswa, analisis kompetensi, analisis tujuan pembelajaran), menentukan karakteristik kelas dan peran dosen, dan menetapkan tujuan teoritis. Tahap pengembangan meliputi: pembuatan desain produk dan pengembangan produk. Tahap validasi meliputi validasi ahli, analisis konseptual, dan revisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian bahan ajar. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar geometri analitik berbasis guided discovery yang layak untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis. Penyampaian materi diawali dengan masalah untuk mengkonstruksi pemahaman mahasiswa mengenai materi yang akan dipelajari yang dikaitkan dengan materi yang sudah pernah dipelajari, aktivitas mahasiswa, kegiatan penemuan, diskusi, contoh soal, tugas mandiri, refleksi, dan uji kompetensi. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar. Hasil penilaian oleh validator menunjukkan bahwa bahan ajar sudah mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase keidealan 90,75%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5988
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV