• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 10 No. 1, Februari 2009
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 10 No. 1, Februari 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK SD BERBASIS POTENSI DAERAH PEMERINTAH KOTA SURAKARTA SEBAGAI KOTA PARIWISATA

    Thumbnail
    View/Open
    5. ANAM SUTOPO.pdf (63.73Kb)
    Date
    2009-02
    Author
    Sutopo, Anam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang berbasis pada potensi daerah kota Surakarta sebagai kota Pariwisata. Adapun, tujuan khusus pada tahun pertama dari program penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang berbasis pada potensi daerah kota Surakarta sebagai kota Pariwisata, menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Kota Surakarta, dan menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang mempunyai tingkat kesulitan sesuai dengan perkembangan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kota Surakarta. Adapun strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal. Sumber datanya adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi langsung berperan pasif, wawancara mendalam, sifatnya terbuka dan tidak formal, mencatat arsip dan dokumen, serta memberikan kuesioner (angket terbuka). Penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan sebagai berikut: (1) Model bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang sesuai dengan potensi daerah kota Surakarta sebagai kota pariwisata akan digunakan sebagai acuan bagi pembelajarannya bahasa Inggris untuk SD di Kota Surakarta. Materi pelajaran bahasa Inggris SD harus disesuaikan dengan misi kota Surakarta sebagai kota pariwisata agar dapat membantu pula pemerintah kota dalam mewujudkan cita-citanya dalam mewujudkan misinya sebagai kota pariwisata dan budaya. Materi dalam bahan ajar bahasa Inggris untuk SD harus memberikan gambaran, reklomendasi atau anjuran kepada semua siswa dan guru pengajarnya tentang kepariwisataan di Kota Surakarta. (2) Kurikulum merupakan rencana pendidikan atau pengajaran, suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar, termasuk isi atau materi pelajaran beserta metode atau cara yang digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Penyusunan dan pengembangan bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum dan memperhatikan asas filosofis, asas psikologis, dan asas sosiologis. (3) Materi dalam bahan ajar bahasa Inggris harus sesuai dengan perkembangan siswa dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar bahasa Inggris uraiannya harus luas dan tidak menyulitkan siswa. Bahan ajar bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat perkembangannya akan membawa manfaat sangat besar bagi siswa. Penyusunan bahan ajar bahasa Inggris SD harus menggunakan kalimat yang lebih sederhana, singkat, uraian lebih jelas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/639
    Collections
    • Volume 10 No. 1, Februari 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV