• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 10 No. 1, Februari 2009
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 10 No. 1, Februari 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN SASTRA: METODE PENGAJARAN DAN RESPON SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    8. MIFTAKHUL HUDA.pdf (51.96Kb)
    Date
    2009-02
    Author
    Huda, Miftakhul
    Hasjim, Nafron
    Sunanda, Adyana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan memaparkan metode pengajaran sastra yang digunakan guru dan respon siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran Bahasa Indonesia (: sastra) di SMA Negeri 1 Surakarta kelas XI tahun ajaran 2007-2008. Objek penelitian ini adalah metode pengajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan sastra dan respon siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesiner, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, teknik deskriptif analisis, dan teknik intuitif. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal. Metode pengajaran sastra yang digunakan guru bervariasi. Metode itu di antaranya adalah ceramah, diskusi, tugas belajar, simulasi, latihan, sosiodrama, dan tanya-jawab. Respon siswa terhadap pembelajaran sastra dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon pembelajaran drama secara individu, di antaranya diwujudkan dengan membuat komik sederhana. Respon pembelajaran drama secara kelompok, di antaranya diwujudkan dengan membuat naskah drama dan membuat rekaman sandiwara. Pada pembelajaran prosa. Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon siswa secara individu terhadap pembelajaran prosa di antaranya diwujudkan dengan membuat cerpen dan membuat resensi novel. Respon siswa secara kelompok diwujudkan dengan diskusi kelompok tehadap materi prosa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/642
    Collections
    • Volume 10 No. 1, Februari 2009

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV