• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 11 No. 2, Agustus 2010
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 11 No. 2, Agustus 2010
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PENGARUH ATMOSFER AKADEMIK PSIKOLOGIS TERHADAP PERFORMANSI TIM BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

    Thumbnail
    View/Open
    2. Moordiningsih.pdf (62.38Kb)
    Date
    2010-08
    Author
    Moordiningsih
    Prastiti, Wiwin Dinar
    Hertinjung, Wisnu Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model situasi psikologis yang diharapkan mendukung performansi kelompok, khususnya tim-tim belajar (learning teams) yang belajar untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan-keputusan di tingkat perguruan tinggi. Permasalahan tentang perbaikan dan perubahan atmosfer akademik menjadi isu penting dalam pengembangan lembaga-lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Atmosfer akademik dalam cakupan ilmu psikologi dikenal sebagai situasi/iklim psikologis (psychological climate) yang dapat diciptakan dalam sebuah kelompok/tim untuk menunjang performansi kelompok maupun organisasi yang lebih besar ke arah yang lebih baik. Dimensi situasi psikologis yang akan dikaji meliputi 5 hal, yaitu: kohesivitas kelompok, otonomi, inovasi, saling kepedulian dan tekanan/ tuntutan dalam kelompok. Performansi kelompok yang baik dapat diketahui dengan 4 indikator utama yaitu efektivitas, efisiensi, adanya pembelajaran dan pertumbuhan kelompok, serta kepuasan anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola-pola performansi tim belajar di perguruan tinggi ditentukan oleh interaksi sosial yang terjalin dengan baik dari seluruh komponen fakultas yang ada di perguruan tinggi dan kepedulian, keteladanan pemimpin dalam mengelola interaksi sosial untuk membuat inovasi-inovasi pembelajaran serta orientasi terhadap masa depan tim-tim belajar yang ada di perguruan tinggi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/659
    Collections
    • Volume 11 No. 2, Agustus 2010

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV