• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 11 No. 2, Agustus 2010
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 11 No. 2, Agustus 2010
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBINAAN DAN PEMENTASAN TEATER SEKOLAH SERTA FUNGSINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DI KELAS XI SMA PANGUDILUHUR SURAKARTA

    Thumbnail
    View/Open
    7. RINA ARYANI.pdf (71.63Kb)
    Date
    2010-02
    Author
    Aryani, M.F. Rina
    Hasyim, Nafron
    Prayitno, Harun Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum penelitian bertujuan untuk membina perkembangan wawasan berkesenian bagi siswa dan peningkatan apresiasi drama melalui pendidikan dengan memanfatkan media pementasan drama. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut (1) mendeskripsikan pembinaan dan pementasan teater sekolah di SMA Pangudi Luhur Surakarta dan (2) mendeskripsikan relevansi proses pembinaan teater sekolah dengan pembelajaran apresiasi drama di SMA Pangudi Luhur Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif atau kasus terpancang tunggal (Sutopo, 2002). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pangudi Luhur Kota Surakarta, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan selama tiga bulan, di dalam proses belajar-mengajar maupun di luar proses belajar mengajart. Sumber data meliputi: informan, arsip dan dokumen, serta tempat dan peristiwa. Teknik analisis data yang digunakan adalahmodel interaktif (Miles dan Huberman, 1984), yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pPembinaan dan pemenatasan pada kelompok Teater Biroe SMA Pangudi Luhur Surakarta meliputi (a) pembinaan olah vokal disampaikan secara bertahap dan bervariasi, (b) pembinaan olah nafas dan olah raga serta olah rasa dilatihkan secara bersama-sama, (c) pembinaan latihan materi meliputi teknik berakting dan pemberian pengetahuan tentang bedah naskah, dan (d) pementasan produksi. Fungsi teater sekolah dalam pembelajaran apresiasi drama adalah (1) sebagai sumber belajar dalam pembelajaran apresiasi drama, (2) aktivitas latihan teater sebagai model dalam pembelajaran apresiasi drama, dan (3) teater sekolah sebagai pendorong kompetensi bersastra bagi siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/664
    Collections
    • Volume 11 No. 2, Agustus 2010

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV