• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 3rd University Research Colloquium (URECOL) 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 3rd University Research Colloquium (URECOL) 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Komunikasi Orangtua dan Bilingual Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Todller

    Thumbnail
    View/Open
    sri siska mardiana (1).pdf (275.3Kb)
    Date
    2016-02
    Author
    Mardiana, Sri Siska
    Indanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses perkembangan anak merupakan hal yang penting dalam menyiapkan anak sebagai generasi penerus bangsa. Masa emas kembang bahasa anak sebagaimana perkembangan anak yang lain ialah ketika anak berusia 0-6 tahun (WHO, 2009). Usia toddler (1-3 tahun) adalah usia terpenting yang dalam perkembangannya sangat perlu dipantau karena pada masa ini perkembangan berada pada fase yang sangat cepat (Sujiono, 2009). Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh faktor intrinsik (dari anak) dan faktor ekstrinsik (dari lingkungan). Faktor intrinsik yaitu kondisi pembawaan sejak lahir termasuk fisiologi dari organ yang terlibat dalam kemampuan bahasa dan berbicara. Sementara itu faktor ekstrinsik berupa stimulus yang ada di sekeliling anak terutama perkataan yang didengar atau ditujuka. Faktor tersebut antara lain bagaimana pola komunikasi orangtua dan berapa bahasa yang dipelajari anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola komunikasi dan bilingual dengan perkembangan bahasa anak usia todler di KB Aisyiyah Bae Kabupaten Kudus.Jenis Penelitian adalah deskripif korelasi dengan pendekatan crossectional, populasi dalam penelitian ini adalah anak usia todler di KB Aiyiyah Bae Kabupaten Kudus sejumlah 73 anak, dengan teknik populasi menggunakan total populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi pola komunikasi dan bilingual menggunakan kuesioner yang telah di lakukan uji validitas dan reliabilitas. Denver II digunakan untuk menilai perkembangan bahasa anak.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan anatara pola komunikasi orangtua dengan kperkembangan bahasa anak dengan p value 0,005, α=0,05. Terdapat hubungan yang signifikan juga anatara bilingual dengan perkembangan bahasa anak usia todler di KB Aisyiyah Bae Kabupaten Kudus dengan nilai p= 0,016, α=0,05.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6929
    Collections
    • The 3rd University Research Colloquium (URECOL) 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV