• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Pendekatan Relistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    25_158_Makalah Rev Septiana Wijayanti.pdf (384.6Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Wijayanti, Septiana
    Syaifudin, M. Wahid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)denganpendekatanRealistic Mathematics Education (RME) atau model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji coba instrumen tes prestasi belajar meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan metode Barlett. Setelah melakukan perhitungan, diperoleh simpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pada kemampuan awal dilakukan uji keseimbangan dengan menggunakan analisis variansi satu jalan. Teknik analisis datamenggunakanuji komparasi antar model pembelajaran dengan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT denganpendekatan RME memberikanhasil yang lebihbaikdibandingkanmodel pembelajaran TGT. Hal ini berarti model pembelajaran TGT denganpendekatan RME lebih efektif daripada model pembelajaran TGT.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6963
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV