• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    55_44_Makalah Rev Rizka Ni’matillah.pdf (649.9Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Ni’matillah, Rizka
    Murtiyasa, Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Baki tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis RME dan kelas kedua sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Dari hasil penelitian pada  = 0,05 diperoleh: (1) terdapat konstribusi pembelajaran matematika berbasis RME terhadap hasil belajar dengan F obs = 5,573185 > F  = 4,01; (2) terdapat konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan F obs = 15,95437 > F  = 3,16; (3) terdapat interaksi pembelajaran matematika berbasis RME dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan F obs = 3,445566 > F  = 3,16.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6993
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV