• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesulitan Siswa SMKK Citra Medika Sukoharjo dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar dan Alternatif Pemecahannya

    Thumbnail
    View/Open
    65_74_ dyah ayu sulistyarini.pdf (383.8Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Sulistyarini, Dyah Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas X SMK Citra Medika Sukoharjo dalam menyelesaikan soal bilangan bentuk akar dan alternatif pemecahan masalahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo. Sedangkan sampel yang diambil untuk memperoleh data kesulitan siswa adalah 3 orang siswa yang mewakili siswa berkemampuan tinggi, siswa yang berkemampuan sedang, dan siswa yang berkemampuan rendah yang dikategorikan berdasarkan rata-rata hasil tes materi bentuk akar. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk soal uraian yang berjumlah 3 soal. Dari hasil analasis data diketahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan bentuk akar dan faktor penyebab kesulitan siswa. Kesulitan tersebut meliputi kesalahan konseptual dan kesalahan procedural. Faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain kurang kuatnya konsep bentuk akar yang dimiliki siswa sehingga terjadi misskonsepsi pada siswa. Untuk alternative pemecahan masalahnya adalah dengan menerapkan strategi konflik kognitif dengan mengintegrasikan kedalam model Problem Based Learning (PBL) untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan procedural dan misskonsepsi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7003
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV