• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Peningkatan Kinerja Pendidik Profesional Berbasis Etos Kerja Qur’ani

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 4.pdf (284.8Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Rosidin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini merupakan studi teks al-Qur’an yang bertujuan menemukan konsep kunci etos kerja Qur’ani yang berpotensi meningkatkan kualitas keempat kompetensi pendidik profesional, jika diimplementasikan dengan optimal. Dalam prosesnya, tulisan ini mengacu pada langkah-langkah metodologis-aplikatif tafsir tarbawi praktis: menentukan tema, mengidentifikasi ayat-ayat yang relevan, kemudian menganalisis data ayat dengan tiga teknik analisis, yaitu kebahasaan (lughawi), isi (tahlili) dan kependidikan (tarbawi). Ada tiga temuan utama penelitian ini. Pertama, “kesadaran diri” merupakan konsep kunci etos kerja Qur’ani dalam meningkatkan kinerja pendidik profesional. Detailnya, peningkatan kompetensi profesional melalui kesadaran atas kewajiban asasi pendidik; peningkatan kompetensi pedagogik melalui kesadaran atas hak asasi peserta didik; peningkatan kompetensi kepribadian melalui kesadaran atas kekurangan diri sendiri; peningkatan kompetensi sosial melalui kesadaran atas kelebihan orang lain. Kedua, strategi implementasi kesadaran diri dalam meningkatkan kinerja pendidik profesional bersifat teologis (iman), teoretis (ilmu), praktis (amal) dan moralistis (akhlak). Ketiga, ada tiga tingkatan kualitas implementasi kesadaran diri, yaitu di bawah standar (zhalim); sesuai standar (muqtashid); dan di atas standar (sabiq).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7269
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV