• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 8.pdf (98.96Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Hartiningtyas, Lativa
    Purnomo
    Elmunsyah, Hakkun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik agar siap memasuki dunia kerja dan masyarakat. Salah satu komponen penyelenggara pendidikan yang memiliki peran penting adalah guru. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi seperti yang diharapkan oleh UU dan peraturan pemerintah dan harus aktif mengaktualisasi diri yaitu dengan mengembangkan suasana pembelajaran agar lebih menarik dan mendorong siswa untuk belajar, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan, serta mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Pemerintah telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi lainnya sebagai tenaga profesional dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan karena guru sebagai agen pembelajaran memiliki peran penting proses pembelajaran di dalam kelas yang akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sebagai bekal untuk mendidik siswa. Kompetensi pedagogik mengenai ilmu tentang belajar dan pembelajaran, bagaimana melaksanakan pembelajaran yang baik dan efektif, dan bagaimana membelajarkan siswa agar memahami materi pembelajaran. Sedangkan kompetensi profesional adalah mengenai isi materi pembelajaran atau substansi ilmu mengenai materi pembelajaran. Guru harus senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, menuntut guru untuk selalu up-to-date dengan teknologi terkini. Agar seorang guru dapat selalu meningkatkan kualitas kompetensinya, pemerintah menyelenggarakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru agar senantiasa menjadi seorang guru yang kompeten.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7273
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV