• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 11.pdf (96.35Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Ayu, Sovia Mas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya peserta didik, guru, orang tua, dan lingkungan. Peserta didik adalah subjek dan objek dalam proses pembelajaran. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik diarahkan untuk mengembangkan konsep berpikir, bertindak, dan bersikap. Guru sebagai pendidik di kelas memiliki kewajiban menyediakan sarana prasarana yang dapat memfasilitasi tercapainya tujuan pengembangan proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran ditentukan pula oleh metode atau cara guru dalam menjalankan fungsinya sebagai fasilitator, mediator, dan pembimbing dalam proses tersebut. Model reciprocal teaching adalah satu model pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didiknya. Model ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajarkan materi yang telah dipelajarinya terlebih dahulu kepada teman lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan dua kali putaran. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 25 orang di Sekolah Menengah Pertama Swadaya di Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) membuat pertanyaan dari 20% sebelum tindakan menjadi 36% sesudah tindakan, (2) klarifikasi permasalahan dari 21% sebelum tindakan menjadi 60% sesudah tindakan, (3) memprediksi permasalahan dari 16% sebelum tindakan menjadi 68% sesudah tindakan, dan (4) membuat kesimpulan dari 24% sebelum tindakan menjadi 68% sesudah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan keaktifan siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7276
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV