• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembuatan Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Materi Overhaul Sepeda Motor Matic

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 19.pdf (74.80Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Widiyatmoko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan media pembelajaran audio visualyang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Teknologi Sepeda motor khususnya pada materi Overhaul Sepeda Motor Matic.Desain penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pembuatan (Research and Development) yang bertempat di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam waktu satu tahun. Obyek penelitian ini berupa pembuatan media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Teknologi Sepeda Motor khususnya pada materi Overhaul Sepeda Motor Matic. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis Eksperimen. Hasil penelitian ini 1). Proses pembuatan media pembelajaran audio-video visual materi overhaul sepeda motor matic dilakukan melalui beberapa tahab, yaitu: rancangan dan pengembangan yang meliputi : analisis kebutuhan, desain pembelajaran, dan desain produk media, evaluasi formatif produk awal dan implementasi produk akhir; 2) Media pembelajaran audio-video visual materi overhaul sepeda motor matic secara efektif dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan materi overhaul sepeda motor matic. Data nilai kelas kontrol (III/B) yang disampaikan menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran audio-video diperoleh nilai rata-rata 73,67. Sedangkan data nilai kelas eksperimen (III/A) dengan menggunakan media pembelajaran audio-video Overhaul yang dikembangkan dalam multimedia diperoleh nilai rata-rata 77.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7285
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV