• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 20.pdf (143.5Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Ihwanudin, M.
    Purnomo
    Suhartadi, Syarif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa pelatihan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, mencakup yaitu: (1) hasil uji kompetensi siswa pelatihan tahun 2015; (2) data internal bursa kerja khusus (BKK) tahun 2015. Dari penelitian menunjukkan bahwa 144 lulusan dinyatakan kompeten, dengan rincian bidang kejuruan sebagai berikut: (1) kejuruan las menghasilkan 16 lulusan kompeten; (2) kejuruan instalasi penerangan menghasilkan 32 lulusan kompeten; (3) kejuruan audio-video menghasilkan 16 lulusan kompeten; (4) kejuruan menjahit 16 lulusan kompeten; (5) kejuruan teknik kendaraan ringan (TKR) mobil bensin menghasilkan 16 lulusan kompeten; (6) kejuruan sepeda motor menghasilkan 16 lulusan kompeten; (7) kejuruan pengolahan hasil pertanian (PHP) menghasilkan 16 lulusan kompeten; (8) kejuruan komputer menghasilkan 16 lulusan kompeten. Selanjutnya data internal bursa kerja khusus (BKK) menunjukkan 105 dari 144 siswa pelatihan tahun 2015 telah terserap dunia kerja mencapai 72,92%. Kesimpulan penelitian adalah: (1) implementasi CBT di UPT pelatihan kerja optimal, ditinjau dari hasil uji kompetensi (2) implementasi CBT di UPT pelatihan kerja tidak optimal, ditinjau dari lulusan yang terserap pada dunia usaha/industri.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7286
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV