• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn Melalui Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di SD Negeri Kartasura 5)

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 25.pdf (98.39Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Suyahman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasarkan atas banyaknya kompleksnya permasalahan dihadapi oleh guru SD dalam melakukan proses pembelajaran. Hasil pengamatan di lapangan menunjukan proses pembelajaran yang dilakukan oleh para guru terdapat indikator: siswa cepat bosan, , siswa banyak yang mengantuk, siswa tidak termotivasi dan siswa tidak fokus. dampaknya daya serap siswa rendah sehingga prestasi belajarnya juga rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, dengan subjeknya guru kelas V dan objeknya peningkatan mutu pembelajaran PPKn, metode pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakuan dengan trianggulasi sumber data, dan analisis data dilakukan dengan analisis tindakan 2 siklus Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukan tindakan siklus proses pembelajaran tidak menarik dan tidak memotivasi siswa, siswa banyak ngantuk siswa tidak fokus sehingga daya serap rendah , akan tetapi setelah dilakukan tindakan siklus pembelajaran PPKn menjadi menarik dan tidak membosankan banyak siswa yang bertanya, siswa termotivasi dan siswa fokus pada pembelajaran daya serap siswa menjadi tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan mutu pembelajaran PPkn di kelas V SD StateKartasura 5
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7291
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV