• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Isu-Isu Kontroversial Media Massa Untuk Mengembangkan Sikap Demokratis dan Partisipasi Belajar Siswa di SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2016

    Thumbnail
    View/Open
    5.pdf (525.2Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Muhibbin, Ahmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan sikap demokratis dan partisipasi belajar yang sekarang ini dilaksanakan; 2) bagaimana desain model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa untuk pengembangan sikap demokratis dan partisipasi belajar siswa; 3) seberapa besar model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa dapat mengembangkan sikap demokratis dan partisipasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat research and development. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi, member chek, dan diskusi teman sejawat melalui FGD. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian antara lain: 1) Pembelajaran PKn yang berlangsung selama ini belum dapat mengembangkan sikap demokratis dan partisipasi belajar siswa dengan baik; 2) Desain model Pembelajaran PKn berbasis isu-isu kontroversial media massa dengan mengkolaborasikan strategi pembelajaran aktif; 3) besaran prosentase pengembangan sikap demokratis dan partisipasi dalam pembelajaran PKn, yakni: Hasil rata-rata ujicoba ke 1 sampai ke 6 menunjukkan kemampuan menyampaikan pendapat secara kritis dan rasional (71,8%), kemampuan menanggapi permasalahan secara arif (73,6%), menyanggah secara santun dan bersahabat (74,6%). Tingkat partisipasi dalam pembelajaran sudah baik ditandai dengan kemampuan siswa dalam partisipasi secara cerdas (78,8%), partisipasi secara bertanggung jawab (81,3%), dan partisipasi secara saling menghargai (84,5%).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7599
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV