• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi UAD Melalui Model Belajar Problem Based Learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian

    Thumbnail
    View/Open
    55.pdf (358.6Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Widyaningrum, Trianik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu program studi di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan adalah Program Studi Pendidikan Biologi. Berdasar hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi semester lima tahun ajaran 2013/2014 pada mata kuliah metodologi penelitian terlihat sudah cukup baik yaitu berkisar 54-83, akan tetapi saat perkuliahan berlangsung banyak mahasiswa yang kurang aktif dalam mengikuti perkuliahan, banyak mahasiswa yang asyik dengan dirinya sendiri, ada juga yang mengantuk, dan kurang memahami materi perkuliahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi UAD khususnya pada mata kuliah metodologi penelitian melalui model belajar kelompok Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi UAD Klas B semester lima yang berjumlah 43 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pihak yang melakukan tindakan adalah dosen pengampu sendiri sedangkan yang diminta melakukan pengamatan adalah mahasiswa dengan tahapan dalam penelitian yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Pengamatan (observe), Refleksi (reflect). Dalam Penelitian ini digunakan dua lembar observasi, yaitu lembar observasi keaktifan mahasiswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan model belajar kelompok Problem Based Learning. Analisis data menggunakan analisis Deskriptif. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa Kelas B pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Tahun Ajaran 2014/2015. Pada akhir siklus II jumlah mahasiswa yang mencapai nilai di atas standar ketuntasan belajar minimal atau memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari 70 adalah 37 siswa atau 86 %.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7838
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV