• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Internasionalisasi Perguruan Tinggi; Studi Multisitus Pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    75.pdf (482.8Kb)
    Date
    2016-08-03
    Author
    Fuadi, Djalal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian adalah (1) Mendiskripsikan dan menjelaskan tata kelola proses internasionalisasi perguruan tinggi dalam wujud self-governance, dengan sub fokus: a. Rencana Strategi (visi, misi dan tujuan), b. Manajemen kelembagaan, c. Kurikulum dan proses pembelajaran, dan d. Penjaminan Mutu; (2) Mendiskripsikan dan menjelaskan makna reformasi institusi perguruan tinggi dari skala nasional ke internasional,dengansub fokus: a. Implementasi kebijakan internasionalisasi, b. Kerjasama akademik dalam skala internasional, c. Benchmarking, dan d. Proses pemasaran berupa promosi dan publikasi dalam tataran internasional. Penelitiandilakukan dengan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi multisitus (multisites), karena setting yang diteliti memiliki karakteristik yang sama.Lingkup penelitian dibatasi pada kebijakan/kerangka kerja legal tata kelola internasionalisasi perguruan tinggi.Penelitian dilakukan di tiga Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui: (1) teknik observasi partisipan (participant observation), (2) wawancara mendalam (indepth interview), dan (3) studi dokumen. Analisis data yang digunakan, yaitu (1) analisis data dalam situs,(2) analisis data lintas situs. Hasil penelitian: (1) tata kelola internasionalisasi dijabarkan dalam bentuk: (a) visi, misi, tujuan dan rencana strategi, kebijakan mutu serta sasaran mutu berorientasi pada kualitas internasional;(b) pengelolaan program internasional diserahkan kepada suatu lembaga/bidang/kantor/unityang secara khusus mengelola program internasional;(c) kurikulum dan proses pembelajaran dikembangkan dengan model dan kecenderungan yang berbeda-beda; (d) tata kelolainternasionalisasi dijabarkan dan dikawal melalui penjaminan mutu.(2) Reformasiperguruan tinggi dari skala nasional ke tingkat internasional: (a) implementasi yang dilakukan bersifat dinamis, optional, dan never ending programme artinya dasar dimulainya implementasi ditentukan oleh kebijakan, pandangan atau orientasi pimpinan dalam memandang posisi perguruan tingginya dalam tataran internasional: (b) implementasi internasionalisasi dilaksanakan melalui program kerjasama dengan berbagai bentuk yang bervariasi; (c)benchmarkingtidak mengkiblat secara khusus atau tidak mengacu secara eksplisit pada perguruan tinggi tertentu yang telah memiliki reputasi internasional atau predikat World Class University; (d) proses pemasaran(marketing)tidak dilakukan secara khusus, tetapi berlangsung secara terpadu dan bersifat alami, mahasiswa asing dimanfaatkan sebagai media marketing secara tidak langsung.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7870
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV