• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Mikrobiologi Pendidikan Biologi Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    142.pdf (567.5Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Habibi, Mohammad Wildan
    Juliana, Kartika
    Suarsini, Endang
    Amin, Mohamad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu dan teknologi pada zaman sekarang ini sangat mendukung proses pembelajaran sehingga akan memudahkan seorang pendidik untuk memberikan dan menginformasikan pada peserta didiknya terkait hal tersebut. Pemanfaatan hasil penelitian dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa karena informasi yang disajikan dan diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan. Selain itu, pembelajaran lebih berdayaguna karena bahan ajar disusun menurut jenjang akademik. Oleh karena itu, hasil-hasil penelitian yang relevan perlu dijadikan materi pembelajaran sehingga karya para peneliti dapat berdayaguna. Tujuan penelitian ini dapat membuat bahan ajar yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran matakuliah Mikrobiologi di Pendidikan Biologi Universitas Jember yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil validasi oleh ahli materi Mikrobiologi yang mengatakan 90 % bahan ajar tersebut layak digunakan dalam proses pendidikan terutama yang berbasis penelitian terkini. Hasil validasi ahli media mengatakan 91% buku ajar menarik dan layak digunakan. Hasil validasi oleh 10 mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Mikrobiologi menunjukkan rata-rata 80 % mahasiswa setuju penggunaan bahan ajar tersebut untuk proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar matakuliah Mikrobiologi dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) yang nantinya akan dibuat sangat mendukung proses pembelajaran dan memberikan wawasan terkini pada mahasiswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8040
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV