• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Animalia Menggunakan Identification Cue Card Dalam Kaitannya Dengan Kemampuan Retensi dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA (Studi Pendahuluan)

    Thumbnail
    View/Open
    144.pdf (712.4Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Maesaroh, Tika
    Hernawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian pengembangan (Reasearch & Development) ini bertujuan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut dalam menyusun perangkat pembelajaran biologi melalui pemanfaatan media ICCA (Identification Cue Card of Animalia) dan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran biologi ICCA dalam upaya meningkatkan kemampuan retensi dan keterampilan komunikasi siswa SMA pada materi Kingdom Animalia, khususnya pada materi Invertebrata submateri Arthropoda. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X IPA tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 34 orang. Ide dasar pengembangan media ICCA ini mengacu pada aturan permainan kartu kuartet yang sedikit dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan penelitian. Pada tahap pelaksanaan, setiap siswa melakukan identifikasi terhadap objek pengamatan dengan mengikuti petunjuk pada lembar kegiatan siswa. Selanjutnya, kartu ICCA diberikan pada setiap siswa dan siswa dibagi menjadi dua kelompok besar. Siswa melakukan permainan ICCA dan setiap kelompok harus mengumpulkan minimal tiga set kartu masing-masing berisi empat kartu. Selama proses pengumpulan kartu, katerampilan komunikasi siswa dinilai. Pada kegiatan penutup, siswa diberikan tes objektif secara tertulis. Kemampuan retensi siswa diukur dengan melakukan pengujian tes objektif sebanyak 20 soal pilihan ganda sebanyak tiga kali pengujian. Pengujian pertama dilakukan di akhir pertemuan materi invertebrata. Pengujian kedua dilakukan tiga minggu pasca kegiatan pembelajaran, dan pengujian ketiga dilakukan pada dua minggu selanjutnya. Skor retensi kemudian dibandingkan dengan retensi yang bisa dimiliki siswa sebanyak 21% setelah dua sampai empat minggu berdasarkan kurva lupa yang diungkapkan oleh Ebbinghaus. Adapun ketereampilan komunikasi siswa diukur melalui observasi yang dilakukan berdasarkan indikator ketercapaian keterampilan komunikasi lisan yang dikemukakan oleh Stiggin.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8042
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV