• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kulit Ikan Pari Yogyakarta Dengan Pendekatan SWOT dan AHP

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO 051.pdf (491.0Kb)
    Date
    2017-03-22
    Author
    Andriani, Feny Yuliana
    Astari, Delia Isti
    Budhiarti, Diniarie
    Zachary, Kiki Musfika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abstrak D.I Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki industri kerajinan kulit yang berpotensi, salah satunya adalah UKM Kulit Pari yang memanfaatkan kulit pari sebagabahan baku utama dalam pembuatan aneka kerajinan. Akan tetapi, UKM Kulit Pari belum dikembangkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategpengembangan terbaik bagi UKM Kulit Pari D.I Yogyakarta dengan menggunakan duametode yaitu matrik SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Perhitungan MatrikSWOT menghasilkan posisi UKM Kulit Pari berada pada kuadran I sehingga diposistersebut harus dilakukan strategi pengembangan yang optimal. Terdapat empat kemungkinanalternatif strategi pengembangan UKM Kulit Pari yaitu: strategi SO (StrengthOpportunities), ST (Strength-Treaths), WO (Weakness-Opportunities), WT (WeaknessTreaths). Keempat strategi tersebut akan dipertimbangkan menggunakan metode AHPsehingga menentukan keputusan terbaik. Berdasarkan hasil pembobotan perbandinganberpasangan, nilai prioritas dari masing-masing strategi sebesar 0,26 (SO) ; 0,35 (ST) ; 0,24(WO) dan 0,16 (WT). Nilai bobot terbesar terdapat pada strategi ST sebesar 0,35. Sehinggastrategi pengembangan yang menjadi prioritas utama berdasarkan indikator-indikatoSWOT dan pembobotan AHP adalah strategi pengembangan dengan memanfaatkankekuatan yang dimiliki UKM Kulit Pari untuk mengatasi ancaman (ST= Strength-Treathyang terdiri dari menambah inovasi produk sesuai dengan trend masyarakat danmempertahankan kualitas produk agar mampu bersaing dengan produk lain.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8664
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV