• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Gizi
    • Prosiding Seminar Nasional Gizi 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Gizi
    • Prosiding Seminar Nasional Gizi 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan antara Ketepatan Jam Makan dan Frekuensi Konsumsi Makanan dari Luar Rumah Sakit dengan Kepuasan Pasien yang Mendapatkan Makanan Biasa di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro

    Thumbnail
    View/Open
    Prosiding_Semnas-GIZI-2017__22.pdf (493.9Kb)
    Date
    2017-05-06
    Author
    Widosari, Effina
    Widiyaningsih, Endang Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepuasan pasien merupakan sasaran mutu dalam penyelenggaraan makanan di RS. Berdasarkan data survey yang dilakukan di RSUP Soeradji Tirtonegoro masih ada pasien yang tidak puas terhadap makanan dari rumah sakit, dan memilih untuk konsumsi makanan dari luar rumah sakit karena ada perbedaan jam makan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara ketepatan jam makan dan konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Populasi merupakan seluruh pasien yang dirawat di kelas III dengan diit biasa. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Data ketepatan jam makan diperoleh dengan penyebaran angket. Data konsumsi makanan dari luar rumah sakit diperoleh dengan wawancara bebas terpimpin menggunakan kuesioner. Data kepuasan pasien diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepuasan makanan dengan skala differential semantik. Analisis uji hubungan menggunakan Chi Square dan Fisher exact. Hasil penelitian menunjukkan 35,6% pasien menilai jam makan tidak tepat, 64,4% menganggap jam makan tepat. 53,3% pasien jarang konsumsi makanan dari luar rumah sakit dan 46,7% pasien diketahui sering. 13,3% pasien menyatakan kurang puas dan 86,7% pasien menyatakan puas terhadap pelayanan makanan dari rumah sakit. Hasil uji analisis menunjukkan adanya hubungan antara jam makan dengan kepuasan terhadap pelayanan rumah sakit (p=0,017, p<0,05), dan tidak ada hubungan antara konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan kepuasan terhadap pelayanan rumah sakit (p=0,396, p>0,05). Kesimpulan hasil penelitian ada hubungan antara ketepatan jam makan dengan pasien dan tidak ada hubungan antara konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan kepuasan pasien.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8700
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Gizi 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV