• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas X Dalam Mengerjakan Soal Logaritma dan Alternatif Pemecahannya

    Thumbnail
    View/Open
    PM-2 Ahmad Abdul Mutholib hal 241-246.pdf (473.8Kb)
    Date
    2017-03-18
    Author
    Mutholib, Ahmad Abdul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui letak kesulitan peserta didik kelas X dalammengerjakan soal logaritma. 2) Untuk mengetahui alternatif pemecahan dalam mengatasikesulitan peserta didik kelas X dalam mengerjakan soal logaritma. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif, yang dilakukan di SMK N 3 Salatiga. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas X O3. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes siswa danhasil wawancara. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling (sample bertujuan). Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data,menyusun data dalam satuan-satuan, dan memeriksa keabsahan data. Validasi data dilakukandengan triangulasi data. Data tentang kesalahan masing-masing subyek dilakukan tes diagnosis.Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada materilogaritma. Hasil penelitian: (1) Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soallogaritma: (i) kesalahan membaca soal, (ii) kesalahan memilih langkah penyelesaian, (2)Penyebab siswa melakukan kesalahan: (i) kesalahan membaca soal, disebabkan karena tidakmemahami apa yang dimaksud di dalam soal, (ii) kesalahan memilih langkah penyelesaian,disebabkan belum memahami penerapan sifat logaritama. (3) Alternatif solusi: (i) peningkatanintensitas latihan mengerjakan soal logaritma, (ii) pendalaman materi pokok logaritma.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8781
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV