• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa

    Thumbnail
    View/Open
    PM-15 Neneng Nuryati hal 369-377.pdf (377.4Kb)
    Date
    2017-03-18
    Author
    Nuryati, Neneng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan matematik mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa Politeknik Negeri Bandung angkatan 2016 Program D-III bidang Tata Niaga. Sampel penelitian berjumlah 62 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling (jurusan Akuntansi, program studi Keuangan Perbankan). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t dua rerata, bila data berdistribusi normal dan homogen, tetapi bila tidak berdistribusi normal pengujiannya menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji MannWhitney. Dikarenakan data tidak berdistribusi normal, maka digunakan uji Mann Whitney. Data yang diolah untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran adalah membandingkan dua nilai (nilai postes pada pembelajaran konvensional dan nilai postes pada strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw). Soal tersebut sebelumnya diujicobakan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda dari soal. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kemampuan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8814
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV