• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-AP4 SMK Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    PM-33 Maya Kristina Ningsih dkk hal 535-545.pdf (480.0Kb)
    Date
    2017-03-18
    Author
    Ningsih, Maya Kristina
    Sujadi, Imam
    Subanti, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa kelas XI AP-4 SMK Negeri 2 Madiun yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan sedang dalam pengajuan masalah matematika. Pengambilan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan skor akhir angket motivasi belajar siswa diambil tiga siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, dan tiga siswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Selanjutnya subjek terpilih diberikan tes pengajuan masalah matematika (TPMM) untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan melakukan pengumpulan data dari TPMM dan wawancara dengan subjek penelitian kemudian menyusun deskripsi pengajuan masalah matematika siswa dalam bentuk uraian singkat. Hasil dari penelitian ini adalah: siswa dengan motivasi belajar tinggi mampu mengajukan masalah hanya dengan membaca sekali petunjuk dan informasi yang diberikan. Kemudian menuliskan masalah tersebut pada lembar jawab dan menjelaskan prosedur penyelesaian masalah yang diajukan serta menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Siswa dengan motivasi belajar sedang perlu membaca kembali petunjuk dan informasi yang diberikan supaya dapat mengajukan masalah. . Siswa terlihat kurang tenang dan dalam menuliskan masalah yang diajukan beberapa kali terdiam. Kemudian menjelaskan prosedur penyelesaian masalah dan menyelesaian pemecahan masalah tersebut pada lembar jawab.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8840
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV