• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    2. fahmi ashari.pdf (199.8Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Sihaloho, Fahmi Ashari S.
    Artin, Andri Azhari
    Ediyono, Suryo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui hal ini diharapkan guru dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar dengan pendekatan psikologis terhadap siswa. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2015/2016dengan populasi sebanyak 243 siswa dan sampel sebanyak 85 siswa dengan metode proporsional random sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh hasil uji variable perhatian orang tua berpengaruh secara posistif dengan nilai thitung sebesar 8,653 dan hasil uji hipotesis parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar menunjukkan hasil berpengaruh secara positif dengan nilai thitung sebesar 2,446. Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung sebesar 68,806. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,6266 yang artinya perhatian orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 62,66% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Swasta Prayatna Medan T.P.2015/2016.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8869
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV