• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Akuntansi Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    5. ABSTRAK dan FUL PAPER. an. IJAH MULYANI SIHOTANG UMSU.pdf (108.6Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Sihotang, Ijah Mulyani
    Munthe, Dewi Sartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah Pembelajaran Model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif akuntansi siswa. penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan diterapkannya pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampua kognitif siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaannya dilakukan melalui dua siklus PTK yang dilaksanakan pada sekolah SMK Negeri 1 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah dengan tes dan lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Kemampuan kognitif siswa dalamhal ini dapat diukur dari hasil belajar akuntansi yang didapat melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adnya peningkatan kemampuan kognitif akuntansi siswa. hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus pertama diperoleh rata-rata hasil belajar 67,70 dengan 40,54 % yang tuntas dan sebesar 59,46 yang tidak tuntas. Pembelajaran dilanjutkan pada siklus kedua, selanjutnya dilakukan tes hasil belajar dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,43 dimana terdapat 89,19 orang yang tuntas dan sebanyak 10,91 % yang tidak tuntas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8873
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV